Destinasi Lava Tour Merapi Yang Cocok Untuk Para Pelancong

Sebentar lagi akhir tahun yang artinya liburan panjang akan tiba. Saat liburan ini masyarakat akan pergi ke tempat tertentu untuk melepas penat, salah satu yang paling populer adalah gunung merapi. Karenanya tidak heran jika banyak penyedia jasa liburan yang menawarkan paket berkeliling sekitar Merapi. Seperti salah satu contohnya destinasi lava tour merapi.
Banyak yang belum mengetahui bahwa Merapi ini tidak hanya sekedar gunung berapi yang paling aktif di Indonesia, tapi merupakan tempat wisata yang menakjubkan. Banyak sekali destinasi wisata yang indah dan berkelas di sini. Beberapa diantaranya bahkan ditawarkan sebagai perjalanan wisata, seperti destinasi lava tour merapi di bawah ini :

Destinasi Lava Tour Merapi Batu Alien

Destinasi wisata pertama yang dapat dinikmati oleh para pengunjung adalah batu alien. Dinamakan batu alien karena sangat besar dan memiliki bentuk seperti kepala alien. Batu besar ini katanya merupakan salah satu material yang keluar dari perut gunung merapi, saat gunung ini meletus pada tahun 2010 lalu. Jadi bisa dibayangkan kenapa letusan itu bisa menyebabkan banyak korban jiwa.

Stonehenge

Selanjutnya adalah stonehenge, wisata batu yang disusun yang mirip seperti batu stonehenge yang juga ada di luar negeri. Karenanya pelancong tidak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa melihat stongehenge ini. Cukup dengan pergi mengunjungi stongehenge yang ada di merapi ini, maka pengunjung dapat melihat salah satu keajaiban alam peninggalan zaman purba.

Destinasi Lava Tour Merapi Bunker Kaliadem

Sesuai dengan namanya yakni bunker kaliadem, tempat ini dibangun dan bertujuan untuk melindungi masyarakat sekitar dari abu panas merapi. Tapi sekarang bunker ini bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di sekitar gunung berapi ini. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat melihat sisa letusan gunung merapi tahun 2006 lalu.

Rumah Mbah Maridjan

Siapa yang tidak kenal Mbah Maridjan? Beliau merupakan tokoh penting bagi masyarakat sekitar gunung merapi. Hal ini dikarenakan Mbah Maridjan dipercaya sebagai juru kunci gunung yang bisa mengetahui "aktifitas" gunung. Kini meskipun telah tiada, masyarakat masih bisa melihat kenangan tentang Mbah Maridjan ini melalui rumahnya yang dijadikan tempat wisata.

Museum Mini

Museum mini merapi, atau masyarakat lebih mengenal museum mini sisa hartaku yang dulunya merupakan rumah dari warga setempat. Di tempat ini pengunjung dapat melihat sisa-sisa erupsi yang tidak akan terlupakan dari merapi pada tahun 2010 lalu. Bahkan pengunjung bisa melihat jam yang menunjukkan waktu erupsi dengan tepat pada saat kejadian.

The World Castle

Selanjutnya ada the world castle, yang terletak di daerah Cangkringan Sleman. The world castle atau the lost world castle merupakan sebuah bangunan kuno yang berbentuk seperti kastil. Namun banyak orang yang mengatakan bahwa bangunan ini juga mirip dengan tembok besar yang ada di China. Jadi, tempat ini sangat cocok untuk berfoto dengan nuansa sejarah yang kental.
Manufer Air Kali Kuning
lava tour merapi jogja, destinasi wisata lava tour merapi
Destinasi wisata terakhir adalah manufer air kali kuning. Sebenarnya nama tempat wisatanya adalah kali kuning, tempat ini sangat cocok untuk offroad menggunakan mobil jeep. Karenanya tempat ini dinamakan manufer air kali kuning. Pengunjung akan dibawa bersenang-senang menggunakan mobil jeep membelah hamparan kali kuning yang terkenal.
Itulah tadi beberapa tempat di sekitar gunung merapi yang masuk ke dalam pilihan destinasi lava tour merapi. Semua tempat di atas dapat pengunjung pilih sesuka hati sesuai dengan keinginan. Bila masih bingung, pengunjung dapat memilih paket yang berisi destinasi wisata di atas. Jadi jalan-jalan pun akan terasa lebih mudah. Selamat berlibur.

No comments:

Post a Comment